FERGIODETA

RAMBUTAN

Posted on: Februari 9, 2010

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki “rambut” di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi “daging”. Bagian buah yang dimakan, “daging buah”, sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas (“rambutan ace”/ngelotok).

Pohon dengan buah masak sangat menarik perhatian karena biasanya rambutan sangat banyak menghasilkan buah. Jika pertumbuhan musiman, buah masak pada bulan Maret hingga Mei, dikenal sebagai “musim rambutan”. Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.
Rambutan (Nephelium lappaceum) memiliki kadar Vitamin C yang tinggi sehingga dapat mendukung kesehatan dan tingkat kekebalan tubuh, serta kesehatan dari tulang-tulang badan. Juga dapat membantu mempercepat penyembuhan kulit dan badan, bila mengalami luka/sakit.
Vitamin C membantu penyerapan zat besi di tubuh dan melindungi tubuh manusia dari penyakit jantung dan kanker. Buah ini merupakan versi ‘gondrong’nya Lychee. Di bumi Indonesia ini, kita diberkahi dengan berbagai jenis rambutan: rambutan rapi’ah (hijau, kuning, merah dan berbulu sangat pendek), rambutan aceh lebak (berbulu panjang merah dengan dasar kulit yang ada warna kekuningan), rambutan binjai atau macan (besar dan merah menyeluruh), rambutan nyonya (merah gelap, kecil, berambut pendek, sulit dikupas dan kecut) dan – yang sekarang mulai langka ditemukan- rambutan lengkeng (merah tapi dengan gaya rambut yang pendek berdiri).
Adapun buah matoa yang menyerupai buah Rambutan dari segi rasa, tetapi memiliki rambut yang jarang serta kayu dan daun yang berbeda.
Kadang dijadikan bagian dari menu akhir (dessert) sebagai bagian dari es buah. Tetapi sesungguhnya buah rambutan juga dapat dijadikan minuman penyegar. Karena pada dasarnya, hampir semua buah dan sayuran dapat dijadikan sebagai minuman jus atau smoothie. Dan padanan ini dapat dicampurkan dengan alkohol bila diinginkan.
Tapi perlu diingat bahwa rasa dari buah ini sangat lembut. Sehingga bila di campurkan dengan buah, sayuran atau minuman lainnya perlu dilakukan dengan bahan yang sama lembutnya sehingga tidak hilang ke-khasannya
Bila sedang beruntung dan punya buah rambutan, kebiasaan saya adalah untuk langsung mencuci dan mengeringkan buah rambutannya.
Hanya untuk memastikan tanah atau semut yang masih jalan-jalan di permukaannya sudah tidak ada. Lalu dengan tangan, saya kupas semua dan memasukkan bola-bola putih bening ini ke dalam wadah yang memiliki tutup, lalu menyimpannya di kulkas untuk disantap kemudian bila sudah dingin.

OLAHAN RAMBUTAN
Membuat Gala Boh
Resep untuk 2 org
Bahan:
10 rambutan
1 buah pear
300 gr buah melon merah
1 ruas pendek jahe
1 buah lemon
Daun mint, secukupnya
Beberapa es batu, hancurkan/serut
60 ml Vodka (pilihan)

Cara membuatnya:
1. Ambil dagingnya rambutan dengan pisau.
2. Kupas dan ambil dagingnya buah pear dan melon. Potong dadu- dadu sedang
3. Masukkan jahe, rambutan, pear dan melon ke mesin/alat juicer. Berikan lemon sesuai selera
4. Siapkan gelas dan masukkan es batunya serta daun mint. Tuangkan campuran juice ini
5. Bila ingin mencampurkan vodka, campurkan alcohol ini dengan juice-nya sebelum dituangkan ke dalam gelas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

Februari 2010
S S R K J S M
    Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

your avatar

what you interested?

%d blogger menyukai ini: