FERGIODETA

Penanganan QC di SUKASARI

Posted on: Agustus 7, 2010


Sebelum disalurkan ke pesawat udara, kegiatan penerimaan, penyimpanan dan penanganan produk dilakukan dengan mengacu prosedur pengendalian mutu untuk setiap jalur distribusi. Produk harus memiliki dokumen Certificate of Quality (COQ) dari kilang sebelum diterima di dalam tanki intermediate depot atau DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara). Dokumen ini untuk memastikan produk yang diterima telah memenuhi spesifikasi (lihat AVTUR atau AVGAS atau METHANOL MIXTURE). Secara umum pengendalian mutu produk pada saat penerimaan dilakukan dengan visual check sebelum dan selama pembongkaran (dari tanker atau mobil bridger). Setelah produk diterima di dalam tanki, dilakukan lagi uji resertifikasi melalui pemeriksaan di laboratorium.

Selama penyimpanan, kegiatan pengendalian mutu tidak berhenti dilakukan, proses tersebut berjalan terus menerus dan dilakukan oleh personil yang kompeten serta menggunakan metode dan alat yang memenuhi standar. Penurasan, visual check, dan uji sampling adalah contoh kegiatan yang dilakukan dalam rangka pengendalian mutu produk bahan bakar penerbangan.

Begitupun saat kegiatan pengiriman produk ke sistem hydrant atau bridger hingga penyaluran produk ke pesawat udara, prosedur visual check, penurasan dan tingkat kebersihan produk sebagai kegiatan pengendalian mutu terus dilakukan. Untuk memastikan bahwa produk yang akan disalurkan ke tanki pesawat udara tidak mengandung air melebihi kadar yang diizinkan (max 30 ppm/30 bagian dalam sejuta), sebelum pengisian petugas Kami selalu melakukan Clear & Bright test menggunakan SWD (Shell Water Detector) yang disaksikan dan disetujui oleh petugas/teknisi Airlines.
Peralatan utama Kami untuk mencegah kotoran padat dan air melewati antar tahapan di dalam sistem distribusi adalah penggunaan filter. Setiap tahapan di saluran distribusi memiliki sistem filtrasi tersendiri. Kami menggunakan vessel dan elemen filter yang standar digunakan untuk penanganan produk bahan bakar penerbangan, yaitu:

1. Filter water/separator, digunakan pada jalur penerimaan produk yang akan masuk ke dalam tanki penyimpanan dan jalur penyaluran berikutnya ke system hydrant, mobil tanki atau refueler. Filter tersebut
berfungsi untuk memisahkan air dari produk dan menyaring kotoran padat.
2. Micro filter, adalah sebuah ”pre-filter” sebelum filter water/separator pada saat penerimaan dan ber –
fungsi untuk menyaring kotoran padat.
3. Filter Monitor, digunakan pada alat penyaluran produk ke dalam tanki pesawat udara yakni refueler dan
hydrant dispenser. Filter ini berfungsi sebagai penyaring akhir khususnya kandungan air pada nozzle
pengisian.

Semua filter dan peralatan di atas dirawat dengan prosedur, alat dan fasilitas yang berstandar internasional dan dilakukan oleh personil yang kompeten. DPPU Kami selalu diaudit secara berkala baik oleh pihak internal maupun independen, termasuk Airlines sebagai pelanggan. Semua yang Kami lakukan adalah dalam rangka memberikan komitmen Kami untuk ”Serve for Safe Flight”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

calendar

Agustus 2010
S S R K J S M
« Mei   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

your avatar

what you interested?

%d blogger menyukai ini: